Wednesday, December 20, 2006

Search Advertising menawarkan cara berpromosi yang lebih terarah. Iklan kita akan tampil di hadapan orang yang memang mencari sesuatu yang berhubungan atau sesuai dengan apa yang kita tawarkan. Berbeda dengan iklan-iklan yang lain, dimana iklan kita tampil tidak terarah. Misalnya iklan sebuah detergen di TV tidak hanya mengarah kepada ibu-ibu saja, tetapi semua orang yang menonton TV yang bisa anak-anak, bapak-bapak, mahasiswa, dan sebagainya.

Search Advertising ditempatkan di halaman hasil pencarian dari sebuah search engine seperti google, dimana pelanggam mencari pengiklan. Mungkin si pencari tidak benar-benar mencari Anda, tetapi dia mencari sesuatu yang berhubungan dengan Anda. Si pencari dalam “mood” untuk klik iklan Anda, dalam mood untuk melihat informasi, produk, atau jasa yang Anda tawarkan. Jika pengiklan menawarkan sesuatu yang benar-benar sesuai dengan apa yang mereka cari, kemungkinan besar si pencari klik iklan Anda.

Iklan Search Advertising diarahkan dengan kata kunci dan ditampilkan di halaman hasil pencarian sesuai dengan kata kunci tersebut. Maka jika pengiklan menggunakan kata kunci yang relevan, maka relevansi antara pencari dan pengiklan terjadi. • Search Advertising hanya membayar respon. Anda cukup membayar atas iklan Anda yang mendapatkan respon. Anda tidak membayar iklan yang hanya ditampilkan saja. Yang lebih baik lagi, orang yang klik iklan Anda adalah orang yang memang mencari sesuatu yang sesuai dengan apa yang Anda tawarkan, dengan kata lain prospek yang yang berkualitas atau prospektif.

Search Advertising menawarkan kemudahan bagi Anda untuk mengontrol secara detail. Anda bisa mengatur anggaran Anda, mengganti, mengurangi, atau menambahkan kata kunci, memodifikasi iklan dan sebagainya.

Google AdWords adalah salah satu Search Advertising yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu yang menyebabkan Google AdWords terkenal karena menawarkan pilihan dalam bahasa Indonensia (meskipun kalau diperhatikan, lebih dekat ke bahasa Malaysia) sehingga lebih mudah dan akrab bagi orang Indonesia. Selain itu target pasarnya juga bisa diarahkan hanya ke orang Indonesia saja jika memang menjual produk ke dalam negeri saja.

Siapa pun bisa memasang iklan di Google AdWords, dengan anggaran ratusan ribu pun sudah bisa memulai iklan di Google AdWords. Bagi Anda yang bermodal tebal pun bisa memasang iklan di Google AdWords. Anda bisa memasang iklan dengan anggaran yang kecil atau besar, tetapi yang dihitung tetap per klik.

Ada dua yang Anda perlukan dalam memulai memasang iklan di Google AdWords,

1. Uang Rp 100.000

2. Landing page, atau halaman yang pertama kali dikunjungi.

Resminya Anda bisa mulai dengan Rp 50.000 jika Anda mau menggunakan kartu kredit, tetapi jika Anda mau transfer minimal transfer adalah Rp 100.000. Jadi untuk memulai iklan di Google AdWords Anda harus menyiapkan setidaknya Rp 100.000.

Landing page adalah halaman di web site Anda yang didesain menjadi pendaratan pertama yang mengandung MWR Anda. Apa itu MWR? MWR adalah singkatan dari Most Wanted Response. Apa yang diinginkan dari pengunjung via iklan di Google AdWords, apakah membeli produk Anda, bergabung dengan newsletter, atau mendaftar di membership. Landing page sangat penting diperhatikan dalam promosi di Google AdWords karena setiap klik Anda harus bayar, sehingga jangan sampai uang Anda banyak yang hilang karena tidak bisa mendapatkan MWR Anda.

Anda bisa memulai memasang iklan Anda di http://adword.google.com

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home